Selasa, 21 September 2010

cara menjinakkan tokek

Mendengar kata tokek saja banyak orang sudah merasa ngeri bercampur takut digigit karena kalau menggigit tidak akan dilepas (ada juga yang percaya kalau gigitan tokek baru dilepas kalau ada halilintar atau petir).

Memang kalau tokek lagi marah akan menggiit dan tidak akan dilepas sesuai dengan kemauan si tokek dan semakin berontak yang digigit maka semakin kencang saja gigitan tokek. Namun bila menggigit bukan karena marah maka gigitan tidak sampai melekat. Contoh yang mudah, bila ada tokek yang berjalan lalu kita halangi maka tokek akan menggigit tapi tidak sampai melekat. Lain lagi ada tokek yang kita sudutkan dan kita pukulin dulu lalu tangan kita tergigit, nah yang ini susah lepasnya. Bahkan apa saja yang digigit tidak dilepaskan.

Tokek yang jinak mulai banyak penggemarnya, karena selain merupakan kebanggaan tersendiri bisa punya tokek jinak, juga bisa menjadi teman yang cukup mengagumkan bahkan mendatangkan rejeki.
Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan agar tokek bisa cepat jinak :
- Pakai sebuah alat bernama centong (hampir mirip alat pengambil nasi, hanya lebih panjang) untuk mengambil seekor tokek, amati tokek yang diambil dan bila ketika diatas centong lidah tokek menjilat-jilat berarti tokek tersebut mudah dijinakkan atau minimal mau dijinakkan. Sebaliknya bila diatas centong mulut tokek sudah menganga terus, itu alamat tokek galak sekali. Walau tetap bisa juga dijinakkan namun cukup lama bahkan memakan korban tangan harus tergigit dulu.

Centong Tokek Diatas centong ini tokek menjadi tenang
- Setelah diatas centong, usap tengkuk tokek dengan ibut jari dari arah belakang kepala, awas jangan dari depan atau dari arah mulut tokek. Pakai ibu jari dan harap ibu jari dan jari tengah ditekuk kedalam untuk mencegah agar tidak menjadi incaran tokek untuk digigit. Lakukan usapan 2 sampai 3 kali dan lakukan setiap ada waktu dalam seharian.

Diusap / dielus Tokek paling suka dielus atau diusap dibagian tengkuk
- Bantu dengan menyemprot tokek agar mandi air setiap hari dengan memakai alat penyemprot yang mengeluarkan embun dan air memancar ke tubuh tokek dari kepala sampai ekor.


- Suapin tokek dengan jangkerik memakai lidi agar lebih cepat jinak dan mengenali orang yang memberi makan.

Disuapin Tokek cepat jinak kalau disuapin

- Biasakan tokek berjalan di lengan dan ambil kembali dengan centong bila berjalan terlalu jauh.


Dilengan Biarkan tokek berjalan diatas lengan

- Latihlah tokek agar jinak ini hanya pada waktu siang hari, sebab kalau malam hari berbahaya dan mudah hilang alias melarikan diri serta mata menjadi tajam bila malam hari.
73

Tokek Jinak
Tokek mudah diajak
berkomunikasi
Memang dibutuhkan kesabaran dan perlakuan yang khusus agar tokek bisa menjadi jinak. Reptil ini memang bukan binatang buas, tokek bisa beradaptasi dengan sekitarnya termasuk dengan manusia. Tokek bisa mengenali orang yang dikenalinya.

Tokek Suka Dimanja
Reptil ini paling senang
dimanja dan diperlakukan
secara lembut

11 komentar:

  1. makasih gan sudah berbagi ilmu semoga bermanfaat,ijin share gan,,

    BalasHapus
  2. Yg mulut langsung terbuka itu gua tokeknya jinakkan GK susah cuman 4 hari udah jinak

    BalasHapus
  3. Lu apain bang kok bisa jinak 4hari.. ane baru dpat tokek nih kira2 20cm.. gmn ya cara jinakinnya..

    BalasHapus
  4. Mau megang nya aja gw takut, karna udah dari awal di takut2in. Gimana cara nya agar bisa ngilangin rasa takut tersebut?

    BalasHapus
  5. Saya juga ada tapi takut mau megang😞 Pingin dijinakin tapi gak tau caranya😓

    BalasHapus
  6. Gua punya tokek warna biru merah gua dapat di gudang ukurannya 34cm dia udah jinak banget namanya WAKANDA dia gua suapin jangkrik mau tapi waktu gua dapat dia galak pertama gua dapat ukurannya sekitar 12 sentian gitu walau agak galak gua gak peduli gua ambil aja terus gua letak di kandang sugar gelider gua soalnya sugar gelider gua udah mati oke segitu aja salam BIJIKERS,ARMY,EXO-L

    BalasHapus
  7. Udh seminggu tokek nya susuh di jinak bahkan jempol gw sering di gigit.gimana tu bg

    BalasHapus
  8. tokek biasa def kandang tapi kalo udah keluar dari kandang biasanya anteng cek ig franz_dk jika ingin tau lebih lanjut hehehheh

    BalasHapus
  9. Sy punya tokek badannya kurus banget msh beby tidak mau makan gmn cara mengatasinya

    BalasHapus
  10. Sy punya tokek badannya kurus banget msh beby tidak mau makan gmn cara mengatasinya

    BalasHapus